Inspektorat Kabupaten merupakan unsur pengawas pemerintah daerah yang dipimpin oleh Inspektur yang dalam melaksanakan tugas bertanggung jawab langsung kepada Bupati dan secara teknis administratif mendapat pembinaan dari Sekretaris Daerah.

Inspektorat Kabupaten mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah, pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelaksanaan urusan pemerintahan desa.

Inspektorat Kabupaten dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis pengawasan
  2. Perencanaan program pengawasan
  3. Penyelenggaraan pemeriksaan dan evaluasi hasil pengawasan
  4. Penyelenggaraan pengusutan terhadapĀ  indikasi tindak penyimpangan
  5. Fasilitasi pengawasan
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya

Sebagai tindak lanjut dari ditetapkannya Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 9 Tahun 2009 tentang Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman, disusun Peraturan Bupati Sleman Nomor 41 Tahun 2009 tentang Uraian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Inspektorat Kabupaten, guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsinya.

Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan urusan umum, kepegawaian, keuangan, perencanaan, evaluasi, pelaporan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas satuan organisasi.

Sekretariat dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Sekretariat
  2. Penyusunan program kerja pengawasan tahunan
  3. Perumusan kebijakan teknis kesekretariatan
  4. Penyelenggaraan urusan umum
  5. Penyelenggaraan urusan kepegawaian
  6. Penyelenggaraan urusan keuangan dan perencanaan
  7. Penyelenggaraan urusan evaluasi dan pelaporan hasil pengawasan
  8. Penyelenggaraan urusan evaluasi dan pelaporan hasil pengawasan
  9. Pengoordinasian penatausahaan tindak lanjut hasil pengawasan
  10. Penggordinasian penyelenggaraan tugas satuan organisasi
  11. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaaan rencana kerja Sekretariat

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan urusan umum dan kepegawaian.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Subbagian Umum dan Kepegawaian
  2. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis urusan umum dan kepegawaian
  3. Penyelenggaraan urusan surat menyurat, kearsipan, kepustakaan, dokumen, informasi, perlengkapan dan rumah tangga
  4. Penyusunan bahan rencana kebutuhan pegawai, pengembangan pegawai, kepangkatan, hak dan kewajiban pegawai, pembinaan pegawai serta tata usaha kepegawaian
  5. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Subbagian Umum dan Kepegawaian

Subbagian Keuangan dan Perencanaan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan keuangan dan perencanaan.

Subbagian Keuangan dan Perencanaan dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Subbagian Keuangan dan Perencanaan
  2. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis urusan keuangan dan perencanaan
  3. Pelaksanaan angggaran, perbendaharaan, pembukuan dan penyusunan laporan keuangan
  4. Pengoordinasian penyusunan rencana kerja
  5. Penyiapan bahan program kerja pengawasan tahunan
  6. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Subbagian Keuangan dan Perencanaan

Subbagian Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan evaluasi dan pelaporan.

Subbagian Evaluasi dan Pelaporan dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Subbagian Evaluasi dan Pelaporan
  2. Penyiapan bahan perumusan kebijakanĀ  teknis urusan evaluasi dan pelaporan
  3. Penyelenggaraan evaluasi dan pelaporan
  4. Penyelenggaraan urusan evaluasi dan pelaporan hasil pengawasan
  5. Pengoordinasian penatausahaan tindak lanjut hasil pengawasan
  6. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Subbagian Evaluasi dan Pelaporan

Inspektur Pembantu Bidang Keuangan

Inspektur Pembantu Bidang Keuangan mempunyai tugas menyelenggarakan pengawasan bidang keuangan.

Inspektur Pembantu Bidang Keuangan dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Perumusan rencana kerja Inspektur Pembantu Bidang Keuangan
  2. Perumusan kebijakan teknis pengawasan bidang keuangan
  3. Pembinaan dan pengoordinasian pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pemerintahan desa di bidang keuangan
  4. Pembinaan dan pengoordinasian hasil pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan bidang keuangan
  5. Pembinaan dan pengoordinasian pengusutan terhadap indikasi tindak penyimpangan di bidang keuangan
  6. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Inspektur Pembantu Bidang Keuangan

Inspektur Pembantu Bidang Kekayaan

Inspektur Pembantu Bidang Kekayaan mempunyai tugas menyelenggarakan pengawasan bidang kekayaan.

Inspektur Pembantu Bidang Kekayaan dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Perumusan rencana kerja Inspektur Pembantu Bidang Kekayaan
  2. Perumusan kebijakan teknis pengawasan bidang kekayaan
  3. Pembinaan dan pengoordinasian pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pemerintahan desa di bidang kekayaan
  4. Pembinaan dan pengoordinasian hasil pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan bidang kekayaan
  5. Pembinaan dan pengoordinasian pengusutan terhadap indikasi tindak penyimpangan di bidang kekayaan
  6. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Inspektur Pembantu Bidang Kekayaan

Inspektur Pembantu Bidang Aparatur

Inspektur Pembantu Bidang Aparatur mempunyai tugas menyelenggarakan pengawasan bidang aparatur.

Inspektur Pembantu Bidang Aparatur dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Perumusan rencana kerja Inspektur Pembantu Bidang Aparatur
  2. Perumusan kebijakan teknis pengawasan bidang aparatur
  3. Pembinaan dan pengoordinasian pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pemerintahan desa di bidang aparatur
  4. Pembinaan dan pengoordinasian hasil pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan bidang aparatur
  5. Pembinaan dan pengoordinasian pengusutan terhadap indikasi tindak penyimpangan di bidang aparatur
  6. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Inspektur Pembantu Bidang Aparatur

Inspektur Pembantu Bidang Kinerja

Inspektur Pembantu Bidang Kinerja mempunyai tugas menyelenggarakan pengawasan bidang kinerja.

Inspektur Pembantu Bidang Kinerja dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Perumusan rencana kerja Inspektur Pembantu Bidang Kinerja
  2. Perumusan kebijakan teknis pengawasan bidang kinerja
  3. Pembinaan dan pengoordinasian pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pemerintahan desa di bidang kinerja
  4. Pembinaan dan pengoordinasian hasil pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan bidang kinerja
  5. Pembinaan dan pengoordinasian pengusutan terhadap indikasi tindak penyimpangan di bidang kinerja
  6. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Inspektur Pembantu Bidang KInerja

Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Inspektorat Kabupaten susuai dengan keahliannya.