Sleman Raih WTP Tiga Kali Berturut-turut

wtpBertempat di kantor BPK perwakilan DIY dilaksanakan penyerahan Laporan Hasil Pemerikasaan (LHP) BPK RI, terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten/Kota se-DIY.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Bupati, Walikota dan Ketua DPRD se-DIY pada 22 Mei 2014

Kepala BPK RI perwakilan DIY, Sunarto menyatakan bahwa kegiatan pemeriksaan keuangan daerah ini dilaksanakan sesuai dengan amanah UU No.15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.  Pemeriksaan yang dilaksanakan oleh BPK ini meliputi laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun 2013, laporan kepatuhan, dan laporan terhadap Sistem Pengendalian Intern.  Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK terhadap kabupaten dan kota se-DIY, didapatkan hasil yaitu, Pemkab. Sleman memperoleh opini WTP, Pemkab. Bantul memperoleh opini WTP, Pemkab. Kulon Progo memperoleh opini WTP, Kota Yogyakarta memperoleh opini WTP sedangkan Pemkab. Gunung Kidul pada tahun ini belum memperoleh opini WTP dalam laporan keuangannya, Pemkab Gunung Kidul masih mendapatkan opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian).  Pada tahun ini Pemkab Kulon Progo untuk pertama kalinya memperoleh opini WTP dari BPK RI, sedangkan untuk Kabupaten Sleman adalah untuk yang ke-3 kalinya secara berturut memperoleh opini WTP.  Meskipun demikian Sunarto berharap agar seluruh pemkab dan pemkot se-DIY dapat segera menindak lanjuti hasil pemeriksaan BPK selambat-lambat 60 hari setelah diberikannya LHP terhadap masing-masing Kabupaten/Kota.  Sunartro juga berharap agar Pemkab dan Pemkot yang telah memperoleh opini WTP agar terus meningkatkan kinerjanya dan tentunya harus dapat mempertahankan opini WTP tersebut, untuk Pemkab. Gunung Kidul, Sunarto berharap agar tahun depan sudah memperoleh opini WTP, Sunarto mempersilahkan pada pemerintah daerah untuk melakukan konsultasi dan koordinasi dengan BPK agar nantinya laporan keuangan yang diberikan sesuai dengan pelaksanaan pembangunan, transparan, dan akuntable.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo ditunjuk untuk memberikan sambutan untuk mewakili kepala daerah se-DIY.  Dalam sambutannya Hasto menyatakan bahwa untuk memperoleh opini WTP ini dibutuhkan kerja keras dari semua pihak.  Hasto sangat berterima kasih kepada tim BPK yang telah memberikan bimbingan, arahan dan wawasan yang baru sehingga akhirnya Pemkab. Kulon Progo memperoleh opini WTP.  Hasto menambahkan bahwa salah satu motivasi terbesar Pemkab. Kulon Progo untuk menuju opini WTP ini adalah Pemkab. Sleman, Hasto menilai banyaknya prestasi yang ditorehkan Kabupaten Sleman di tingkat Nasional memberikan motivasi besar bagi Pemkab. Kulon Progo untuk mengikuti jejaknya.

Bupati Sleman, Sri Purnomo berterima kasih kepada seluruh jajaran aparat Pemkab. Sleman yang telah bekerja keras dalam mewujudkan hal tersebut, selain itu Sri Purnomo berharap agar Pemkab. Sleman segera menindak lanjuti hasil dari LHP BPK ini. (sumber: slemankab.go.id)

Recommended For You

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*