Audit Kinerja – Mendorong Peningkatan Value Organisasi Pemerintah dalam rangka mewujudkan World Class Government

Menghadapi tuntutan masyarakat pada era disrupsi yang penuh dengan ketidakpastian sekarang ini, birokrasi Indonesia harus dapat meningkatkan kinerjanya dengan maksimal. Tujuannya adalah agar agar birokrasi Indonesia memiliki value yang akan dapat menghadapi berbagai tuntutan tersebut. Permasalahannya adalah sampai saat ini masih banyak lembaga pemerintah yang belum dapat melaksanakan kegiatannya dengan maksimal. Masih banyak terjadi kebocoran, pemborosan, inefisiensi ,bottleneck hingga berbagai program dan kegiatan yang gagal mencapai sasarannya.

Lalu, bagaimana cara mendorong terciptanya lembaga-lembaga pemerintah yang dapat melaksanakan program dan kegiatannya dengan maksimal sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap birokrasi Indonesia? Salah satu metodologi yang dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah melalui audit kinerja.

Buku ini membahas tentang metodologi audit kinerja secara lengkap. Diawali dari pembahasan gambaran umum audit kinerja, konsep 3E, dilanjutkan dengan pembahasan tentang bagaimana melakukan perencanaan audit kinerja yang meliputi penentuan area kunci, tujuan, ruang lingkup dan kriteria audit kinerja dalam bentuk good management model,  sampai penyusunan audit design dan program audit kinerja. Bab selanjutnya dalam buku ini akan membahas tentang pelaksanaan audit kinerja rinci, pengumpulan dan analisis data dan diakhiri dengan penyusunan Laporan Hasil Audit Kinerja. Untuk memudahkan pembaca buku ini di dalam memahami metodologi audit kinerja, di dalam buku ini juga dibahas tentang ilustrasi audit kinerja.

Kelebihan buku Audit Kinerja – Mendorong Peningkatan Value Organisasi Pemerintah dalam rangka mewujudkan World Class Government adalah mengulas dengan cukup lengkap terkait bagaimana melakukan audit kinerja secara kualitatif dan merubah pola berfikir auditor yang masih menggunakan compliance paradigm menjadi problem solve paradigm.

Selain itu, buku ini menyediakan problem analysis tools, yang umumnya digunakan dalam audit kinerja antara lain: good management model, problem tree analysis dan analisis penentuan area kunci yang sangat efektif sebagai alat bantu auditor dalam menemukan akar permasalahan dan memberikan solusi bagi auditan.

Resensi Buku “Audit Kinerja – Mendorong Peningkatan Value Organisasi Pemerintah dalam rangka mewujudkan World Class Government”

Penulis:

ARDENO KURNIAWAN S.E.,M.Acc., Ak. (Auditor Inspektorat Kabupaten Sleman)

IWAN NOVARIAN S, S.E., M.Ak. CA. CPSAK. Ak. (Widya Iswara BPK RI)

Recommended For You

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*