KELUARGA BERINTEGRITAS

Keluarga berintegritas adalah keluarga yang menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, yaitu kejujuran, tanggung jawab, keadilan, keberanian, peduli, kerja keras, kemandirian, dan kesederhanaan. Nilai-nilai tersebut diwujudkan dalam perilaku sehari-hari anggota keluarga, baik dalam hubungan antaranggota keluarga maupun dalam hubungan dengan masyarakat luas.

Berikut adalah beberapa ciri keluarga berintegritas:

  • Anggota keluarga memiliki komitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai integritas.
  • Anggota keluarga saling menghormati dan menghargai satu sama lain.
  • Anggota keluarga terbuka dan jujur dalam berkomunikasi.
  • Anggota keluarga bertanggung jawab atas tindakannya.
  • Anggota keluarga adil dalam memperlakukan satu sama lain.
  • Anggota keluarga berani mengatakan yang benar dan menolak yang salah.
  • Anggota keluarga peduli terhadap sesama.
  • Anggota keluarga bekerja keras untuk mencapai tujuannya.
  • Anggota keluarga mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.
  • Anggota keluarga hidup sederhana dan tidak konsumtif.

Keluarga berintegritas memiliki peran penting dalam mencegah korupsi. Keluarga adalah lingkungan pertama dan utama bagi anak-anak untuk belajar dan mengembangkan kepribadiannya. Ketika nilai-nilai integritas ditanamkan sejak dini dalam keluarga, maka anak-anak akan tumbuh menjadi individu yang berintegritas dan tidak mudah tergoda untuk melakukan korupsi.

Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan keluarga berintegritas:

  • Orang tua dan anggota keluarga lainnya harus menjadi teladan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai integritas.
  • Orang tua harus mengajarkan nilai-nilai integritas kepada anak-anak sejak dini.
  • Orang tua harus menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis dan kondusif untuk tumbuh kembang anak.
  • Orang tua harus memberikan contoh perilaku yang jujur, bertanggung jawab, adil, berani, peduli, kerja keras, mandiri, dan sederhana.

Dengan mewujudkan keluarga berintegritas, maka kita dapat menciptakan masyarakat yang bersih dari korupsi.

RENCANA AKSI KELUARGA BERITEGRITAS INSPEKTORAT KABUPATEN SLEMAN

Inspektur Kabupaten Sleman, Hery Dwi Kuryanto, menyampaikan  Sosialisasi Anti Korupsi dengan tema Keluarga Berintegritas pada kesempatan apel pagi di halaman Inspektorat Kabupaten Sleman pada Senin tanggal 23 Oktober 2023.

Inspektur menyampaikan pentingnya membangun integritas dan anti korupsi dimulai dari keluarga kita masing-masing. Dari lingkungan keluargalah nilai-nilai integritas mulai dikenalkan, ditanamkan dan diimplementasikan. Setiap pasangan harus saling mengingatkan untuk menjauhi tindak pidana korupsi. Seorang istri jangan hanya menjadi bendahara, yang hanya menerima uang tanpa tahu asal usulnya dari mana, tetapi jadilah auditor yang mencari tahu asal usul pemberian suami. Selain itu melalui peran keluarga, diharapkan anak-anak kita tumbuh dengan baik dan memiliki integritas, karena merekalah yang akan meneruskan kepemimpinan di masa yang akan datang.

Oleh sebab itu kita harus menerapkan tiga strategi untuk memberantas korupsi, pertama adalah strategi pada bidang Pendidikan, yakni dengan menanamkan nilai integritas sejak dini mulai dari pendidikan dalam keluarga maupun dalam pendidikan formal. Melalui pendidikan kita bisa mengubah dunia. Kedua, mendorong perbaikan sistem pelayanan oleh penyelenggara negara, apalagi kita sebagai APIP harus menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam kedinasan dengan tidak melakukan tindakan koruptif. Ketiga, penegakan hukum untuk memberikan efek jera bagi pejabat yang akan melakukan korupsi.

Ketiga strategi ini perlu dukungan berbagai pihak, tidak hanya aparat pemerintah tetapi dari lingkungan masyarakat, dan keluarga. Diharapkan dari keluarga akan mampu melahirkan perilaku anti korupsi. Beberapa perilaku koruptif yang sering kita jumpai, antara lain :

  1. Datang terlambat
  2. Buang sampah sembarangan
  3. Memalsukan surat sakit
  4. Tidak mau antri
  5. Memakai kendaraan dinas untuk keperluan keluarga
  6. Print tugas anak memakai printer kantor
  7. Parkir mobil sembarangan

Dengan mengetahui beberapa perilaku koruptif, diharapkan kita sebisa mungkin dapat menghindarkan diri dari perilaku koruptif tersebut.