Logo dan Twibbon Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-106

Berdasarkan Peraturan Daerah no.12 Tahun 1998, tanggal 15 Mei tahun 1916 ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Sleman. Menurut Almanak, hari tersebut tepat pada Hari Senin Kliwon, Tanggal 12 Rejeb Tahun Je 1846 Wuku Wayang. Hari Jadi Kabupaten Sleman ditandai dengan surya sengkala “Rasa Manunggal Hanggatra Negara” yang memiliki sifat bilangan Rasa=6, Manunggal=1, Hanggatra=9, Negara=1, sehingga terbaca tahun 1916. Sengkalan tersebut, walaupun melambangkan tahun, memiliki makna yang jelas bagi masyarakat Jawa, yakni dengan rasa persatuan membentuk negara. Sedangkan dari perhitungan tahun Jawa diperoleh candra sengkala “Anggana Catur Salira Tunggal”. Anggana=6, Catur=4, Salira=8, Tunggal=1. Dengan demikian dari candra sengkala tersebut terbaca tahun 1846.

Pada peringatan Hari jadi ke-106 Kabupaten Sleman sesuai dengan SE No. 017 tentang Pedoman Peringatan Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman Tahun 2022 mengusung tema “Sesarengan Mbangun Sleman, Sleman Gumregah”.

Makna Logo Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-106:

Angka 1: Tanaman buah parijoto yang khas tumbuh di Kabupaten Sleman dengan warna merah melambangkan keberanian.

Angka 0: Tiga gelombang menggambarkan tiga sungai, yang melambangkan kemakmuran dalam mempertinggi pangan dan sandang. Kali Krasak, mengalir di sebelah barat, Kali Kuning di bagian tengah, dan Kali Opak di sebelah timur daerah Kabupaten Sleman. Dengan warna biru tua melambangkan kesetiaan dan biru muda melambangkan cita-cita.

Angka 6: Logo Beras Sleman yang menununjukkan kemandirian Kabupaten Sleman dalam produksi beras. Warna kuning melambangkan kesuburan, hijau melambangkan keluhuran, kuning keemasan melambangkang kejayaan.

“Sesarengan Mbangun Sleman, Sleman Gumregah” mempunyai arti Mari kita bangun Kabupaten Sleman bersama-sama dengan semangat dan bangkit pasca pandemi agar ekonomi bangkit dan kondisi sosial masyarakat segera pulih.

Logo dan twibbon hari jadi Kabupaten Sleman ke-106 dapat diunduh melalui tautan di bawah:

Recommended For You

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*