Sleman Kembali Raih Opini WTP

wtp sleman

Pemerintah Kabupaten Sleman memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tanpa paragraf penjelasan dalam laporan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2014 dari Badan Pemeriksa Keuangan RI.
Pertimbangan BPK dalam pemberian opini atas laporan keuangan ini, di antaranya kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang- undangan, serta efektivitas sistem pengendalian intern.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK dapat disimpulkan bahwa untuk Tahun Anggaran 2014 Kabupaten Sleman berhasil memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian dengan tanpa paragraf penjelas” seperti disampaikan Kepala BPK Perwakilan DIY Parna.

Selain sebagai upaya untuk mencapai pemerintahan yang bersih dan baik, yaitu opini WTP, penyerahan LHP ini juga untuk memenuhi amanat UU No 15/2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Dalam sambutannya Sri Purnomo, Bupati Sleman yang mewakili 4 Kabupaten dan Kota   mengatakan bahwa “Laporan Hasil Pemeriksaan ini sejalan dengan komitmen Pemkab/Pemkot dalam mewujudkan good governance. Dalam upaya mewujudkan good governance tersebut, seluruh Pemkab/Pemkot senantiasa berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan yang benar-benar bersih dan baik”.

Salah satu upaya untuk mencapai pemerintahan yang bersih dan baik adalah dengan mentargetkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP), seperti yang diraih Pemkab Sleman saat ini memperoleh opini WTP tanpa paragraf penjelas.  Hal ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan, karena Pemkab Sleman telah memperoleh opini WTP 4 kali berturut-turut, dan kali ini tanpa paragraf penjelas. Hal ini menunjukkan kinerja seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Sleman dalam hal pelaporan keuangan pemerintah daerah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan ke arah yang positif.
Sri Purnomo berharap Pemkab Sleman nantinya tetap dapat mempertahankan prestasi ini dan mewujudkan cita- cita pemerintahan yang transparan, efisien, bersih, ekonomis, dan akuntabel.

Recommended For You

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*